Cerita KKN (Bagian 2)


“karena budaya adalah keindahan sosial yang harus kita nikmati”

author

welcome back,
oke, jadi budaya Bali yg sempat kami ikuti adalah upacara Ngaben, kebetulan sebulan sebelum kedatangan kami saudara dari bapak yg dekat dengan kami meninggal, karna upacara itu ribet tetek bengeknya jd baru bisa dilakukan dua bulan kemudian, yah itu jenazah di awetkan tentunya. Tp yang bikin ngeri, ngawetkanny dirumah, bukan dirumah sakit, dan setiap malam didoain sampai hari-H nya Ngaben. Upacaranya rame banget dan katanya membutuhkan biaya yang sangat besar. Kepala desa pernah bilang, “wajar kalo orang Bali rumahnya biasa aja walaupun udah kerja keras, soalnya uangnya ditabung buat Ngaben nanti”. Pasalnya, untuk Ngaben tu harus pake daging Babi, dan harganya tu jauh lebih mahal dari Sapi. Yah berhubung I’m a moeslim, so aku uma ikut upacaranya aja, ga ikut makan-makanny, gile aja, sm babi cuy, no way dong.


Nah waktu pembakaran , aku liat banget bagaimana itu dibakar, keliatan cuy, antara ngeri dan kasihan. Yah maklumlah, kalo menurut islam, orang yang sudah meninggal bakal merasakan sakit yang luar biasa, tapi ini malah dibakar sampai jd abu tak tersisa. Tapi anehnya, selama upacara tidak ada keluarga yang menangis atau sedih, katanya sih emang harus gitu, karena baru bisa Ngabn setelah semua keluarga sudah merelakan.
Bakarnya lama euy, sampai dua jam lebih, maklumlah, itu td jenazah masih utuh. Setelah dibakar, lalu abunya dikumpulin dan dibuang ke sungai, namanya “Larung”. Setelah itu baru deh semuanya balik ke balai Banjar namanya, sejenis gedung buat acaranya itu, trus makan bareng, makan daging b*** , hehehe.
Jadi ternyata, tidak semua orang setelah meninggal itu di Ngaben. Orang yang meninggal karena kecelakaan harus dikubur, Ngabennya nanti setelah beberapa tahun lagi, bisa itu kuburan dibongkar, atau hanya formalitas dengan membuat boneka atau semacamnya.
Sebenarnya sebelum Ngaben ini, sempat ada berita duka, jd cucu ibu yang kami (not me) tinggalin meninggal karena kecelakaan, trus deh kami ikut pemakaman, dan disini semua orang tentu nangis, karena memang mendadak. Tapi aku suka dan kagum sama masyarakat iseh yang masih memegang teguh budaya ditengah pesatnya globalisasi.
Back to KKN
Sebenarnya, kegiatan utama kami adalah budidaya hutan bambu yang ada di Iseh, tapi ternyata masyarakat kurang tertarik dengan pengembangan bambu, alasannya prospeknya ga bagus. Soalnya di Bali sendiri sudah ada daerah yang merupakan pusat kerajinan bambu, dan alasan ini itu lah. Alhasil program kami menjadi terhambat dan hampir tidak terlaksana sama sekali. But it’s okay, tujuan kami kan mengabdi, ga harus sesuai rencana, setidaknya ada hasil yang bisa kami tinggalkan ke mereka.

dua minggu pertama kegiatan kami cuma makan-tidur-masak (jangan diikuti), hehehe.. ya gak lah, kami benar-benar mengabdi dongs (tsehh). kegiatan yang cukup menyita adalah membuat rumah bibit cabe, vertikultur, dan pembangunan gapura. Alhamdulillah semua lancar dan terlaksana sampai kami pulang, (yeay)

keiatan KKN yang paling berkesan tentunya dengan teman-teman serumah yang udah kaya keluarga sendiri, makan bareng, tidur bareng (cewek2, cowok2 loh ya), masak bareng, ngegame bareng, nonton bareng (pake proyektor dosen), hihihi, jalan2 bareng, ngegila bareng, nyuri mobil dosen bareng, eitss, bukan nyuri, hanya pinjam diam2, hehehe

kami kesana pas ditengah puasa, yah menjadi pengalaman sendiri buat aku puasa diantara oang2 yang ga puasa, banyak godaan, tapi bisalah, kita dah besar beb, :).  dan berhubung kami sudah sampai ke Bali, kegiatan yang ga terlewatkan adalaaaahhhh “Jalan-jalan” horeeee.. hihihi

tapi ada ketakutan sendiri, karena kami datang kan buat pelayanan sosial, ya ga boleh dong jalan2 sama LPPM nya. (LPPM itu lembaga di UGM yang ngururus2in KKN lah). tapi namanya bandel ya bandel ajah, mana peduli, tetap aja minggat ke Denpasar. hehehe

lumayanlah, dua bulan tinggal di Bali menyisakan kenangan dan pengalaman berharga. pngen bisa balik lagi kesana. oh ya, untuk cerita jalan2 kuh bersama teman2 sub satu tercintah nanti di bagian 3 yah,  the last part tentunya, ga mau banayk2. wkwkwk

untuk foto2, adi sebenernya banyak buangetss, tapi koneksiku lagi ga bagus cyiinnn, jd ga bisa aplot2 poto, sorry, next time I’ll upload in another post, okay.?

 

to be continued 🙂

Leave a comment